Home » » Menciptakan Komunikasi yang Efektif antara Guru dan Siswa:

Menciptakan Komunikasi yang Efektif antara Guru dan Siswa:

Seorang guru tentunya dituntut dapat membangun iklim komunikasi yang baik dengan siswanya,tujuannya agar para siswa mengerti materi yang disampaikan, dan membuat aktivitas belajar mengajar menjadi menyenangkan.

Muncul sebuah pertanyaan, bagaimana menciptakan suasana KBM yang menyenangkan itu?

Salah satu cara menciptakan suasana KBM yang menyenangkan diantaranya yaitu guru  dituntut untuk responsif menjawab kebutuhan siswa, selalu siap untuk berdiskusi, dan menjadi pendengar yang baik atas persoalan belajar siswa.  selain tentunya guru harus memberikan aturan main yang jelas dan memberikan kesempatan bagi siswa  untuk bertanya sehingga akan terjadi umpan balik antara siswa dengan guru.


Bagaimana mempraktikkannya? Ada beberapa cara untuk menciptakan komunikasi yang efektif antara guru dan siswa:
 
1. Mulailah pada hari pertama sekolah
Ada sebuah pepatah kesan pertama menentukan langkah berikutnya. Kalau kesan pertama baik maka langkah selanjutnyapun akan baik. Jadi usahakan pada setiap awal tahun ajaran, atau semester membuat aturan main ketika kita mengajar dikelas. Selain itu seorang guru harus memastikan bahwa siswa merasa didekati sejak hari pertama sekolah, sehingga komunikasi antara guru dan murid akan terbangun sejak awal.

2. Jadilah guru yang proaktif
Seorang guru harus mampu mendidik siswa dengan proaktif. Guru yang proaktif akan membuat siswa lebih antusias ketika belajar dikelas. Ketika guru proaktif maka siswa merasa diperhatikan dan merasa bahwa guru peduli terhadapnya.

3. Menjadi pendengar yang aktif
Mendengarkan secara aktif menunjukkan bahwa guru benar-benar mencoba untuk memahami siswa, merasakan perasaan yang dialami siswa. Dengan menjadi pendengar yang baik siswa merasa yakin dan merasa dihargai bahwa apa yang mereka sampaikan mendapatkan perhatian dari guru.

4. Jangan menghakimi dan menuduh
Seorang guru tentu ingin siswanya mengerti apa yang diajarkannya, tapi terkadang siswa belum mampu untuk memahami materi  yang diajarkan. Nah disini biasanya atau terkadang guru menghakimi dan menuduh siswa. Kadang keluar dari mulut seorang guru  ‘kamu bodoh’ dll tanpa menanyakan kenapa mereka tidak memahami pelajaran yang kita ajarkan. Itulah manfaat komunikasi, kalau komunikasi antara guru dan siswa terjalin dengan baik maka saya yakin guru tidak akan menghakimi apalagi mengatakan bodoh kepada siswa.

5. Berkomunikasi secara jelas dan singkat
Banyak guru berusaha untuk menyampaikan banyak informasi pada satu pertemuan, guru beralasan mengejar target semester sesuai dengan kurikulum.  Menurut saya itu tidak akan efektif, itu hanya akan membuat siswa kelebihan beban informasi, kewalahan, dan sulit mencerna, dan ini tidak baik untuk perkembangan siswa. Maka dari  itu, seorang guru selayaknya melakukan komunikasi yang singkat, jelas dan terfokus ketika KBM. Jangan memberikan informasi yang terlalu banyak kepada siswa dalam satu pertemuan tetapi guru harus pandai-pandai dalam perencanaan pengajaran sehingga target pelajaran dapat tercapai tanpa harus memberikan informasi berlebihan dalam satu pertemuan. Nah disinilah manfaat kenapa kita harus membuat RPP diawal.

6. Prinsip kejujuran harus ditegakan
Siswa jaman sekarang sangat pintar dalam memahami kejujuran guru. Contoh kecil seorang guru harus mengakui jika tidak mengetahui jawaban atas pertanyaan yang diajukan siswanya. Tetapi, guru harus berjanji untuk berupaya menemukan jawaban dan disampaikan pada pertemuan berikutnya. Tidak jujur adalah sebuah kesalahan dalam mendidik.

7. Menerima pengulangan
Ketika siswa  belum memahami apa yang kita ajarkan dan siswa meminta untuk mengulang materi yang telah kita ajarkan maka guru seyogyanya mengabulkan permintaan siswa. guru yang hebat adalah guru yang berusaha keras agar murid-muridnya  pintar dan mencapai prestasi setinggi-tingginya

8. Ciptakan humor
Kadang kala kita dalam mengajar harus mensisipkan sedikit humor. Humor berguna untuk mencairkan suasana, Humor penting dalam proses komunikasi. Sedikit humor akan merefresh ketika siswa sudah mulai bosan dalam belajar sehingga KBM akan nyaman dan menyenangkan. Jadi memiliki selera humor penting bagi seorang guru.
Semoga bermanfaat.
Thanks for reading Menciptakan Komunikasi yang Efektif antara Guru dan Siswa:

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »