Home » » Tips menjadi Guru Hebat

Tips menjadi Guru Hebat



Bagaimana menjadi guru hebat? Apa saja indikator seorang guru dapat dikatakan guru hebat?
Mungkin sebagian guru pernah terbesit dibenaknya pertanyaan seperti diatas. Artikel ini mencoba untuk menguraikan indikator dan bagaimana menjadi guru hebat.

Untuk menjadi guru hebat ada dua indikator yang harus di jadikan rujukan. Pertama, indikator profesionalisme guru itu sendiri. Kedua, indikator kualitas dan kemajuan siswa. Kedua hal di atas harus di lakukan secara seimbang.
 
Untuk menjadi guru hebat, seorang guru profesional dituntut untuk menjadi manusia pembelajar. Apa itu manusia pembelajar? Manusia pembelajar yaitu manusia yang senantiasa belajar dimanapun dan kapanpun, tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini, begitu juga dengan guru, guru hanya manusia biasa yang memiliki kelebihan dan kekurangan. Dengan menjadi manusia pembelajar guru akan senantiasa untuk meningkatkan kualitas dirinya setiap saat. Dengan kemajuan teknologi guru semakin mudah dalam mendapatkan referensi dan sumber rujukan dalam meningkatkan kualitas dirinya.

Guru yang hebatjuga tidak hanya sekedar mengajar siswa, tetapi akan senantiasa memberikan bimbingan kepada  siswa, memberikan teladan yang baik dalam menjalani kehidupan di sekolah maupun di masyarakat nanti. Guru hebat harus meneladani Rasulullah Saw dalam mendidik umatnya. Beliau menyatukan perkataan dan tindakan nyata. Beliau berbicara sesuai dengan tingkat kemampuan dan pemahaman para sahabatnya, memotivasi bukan mengintimidasinya, mempermudah bukan mempersulit, menyederhanakan bukan merumitkan. Terkadang beliau mendidik dengan contoh, dengan dialog, dengan kisah, dengan sejarah, dan dengan berbagai pendekatan lainnya. Nah hal ini yang harus dicontoh oleh guru-guru jaman sekarang. Guru terhebat seperti Rosululloh SAW senantiasa berkomitmen untuk membisakan dan membiasakan siswa berakhlak mulia, berperilaku santun dan saling menghormati.

Akhirnya Guru hebat seperti Rosululloh Saw adalah guru yang bisa memanusiakan manusia menjadi manusia yang berkarakter dan berakhlak mulia, berbudi pekerti, dan berkepribadian unggul. Guru yang hebat adalah guru selalu mau belajar dan meningkatkan kualitas diri, sehingga dapat memberi layanan pendidikan  terbaik dalam mencerdaskan siswa didiknya.
Thanks for reading Tips menjadi Guru Hebat

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »