Home » » Metode Kelompok: Menciptakan Pembelajaran Aktif dan Menyenangkan

Metode Kelompok: Menciptakan Pembelajaran Aktif dan Menyenangkan


Salah satu cara agar siswa lebih cepat memahami materi pelajaran yaitu dengan menerapkan metode pembelajaran dengan pembagian kelompok. Dimana para siswa belajar secara kelompok, dan tentunya ini mengurangi peran guru yang terkadang terlalu dominan di kelas. Sehingga dengan metode kelompok ini siswa yang lebih aktif.

Tahapan pertama ketika kita menerapkan metode kelompok siswa dibagi dalam beberapa kelompok sesuai dengan jumlah siswa di kelas. Kemudian masing-masing kelompok berdiskusi tentang materi pelajaran. Setelah berdiskusi, setiap perwakilan kelompok harus menjelaskannya di depan kelas hasil dari diskusinya. Diakhir pembelajaran guru harus memberikan kesimpulan tentang materi tersebut.

Alhamdulilah, pengalaman saya, ternyata cara ini sangat efektif, dan murid-murid sangat senang dengan penugasan yang diberikan oleh guru. Mereka antusias berdiskusi dengan sesama kelompoknya. Belajarpun menjadi aktif dan menyenangkan. Semua kelompok menghasikan hasil diskusi yang luar biasa. Mereka pun menjadi terbiasa bekerja secara kolektif. Sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik.
          
Dengan pembelajaran aktif dan menyenangkan guru tak lagi dominan di kelas, karena fungsi guru pada metode kelompok adalah sebagai fasilitator dan motivator bagi peserta didiknya.
          
Yuk Menciptakan Pembelajaran aktif dan menyenangkan
Semoga bermanfaat.
Thanks for reading Metode Kelompok: Menciptakan Pembelajaran Aktif dan Menyenangkan

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »