Home » » 5 Hal Positif dalam mengisi Liburan Semester

5 Hal Positif dalam mengisi Liburan Semester


Setelah bergelut dengan rutinitas selama kurang lebih satu semester, akhirnya liburan sekolah pun tiba. Bagi rekan guru yang belum mempunyai rencana mengisi liburan, mungkin tepat untuk membaca artikel ini. Banyak kegiatan yang bisa kita lakukan dalam mengisi liburan semester ini. Mengisi liburan tentunya tidak harus mengeluarkan biaya mahal.  Kita bisa mengisi liburan dengan hal-hal positif berikut ini.

1) Berekreasi Edukasi dengan keluarga
Kita dapat mengisi waktu luang selama liburan dengan berekreasi bersama keluarga. Rekreasi merupakan hal yang baik dalam merefresh otak kita setelah berkutat dengan rutinitas mengajar. Reakreasipun merupakan sarana untuk bercengkrama dengan anak-anak secara full, sebab kita kalau hari-hari biasa, waktu untuk dekat dengan anak-anak terbatas, karena kesibukan pekerjaan kita. kita bisa rekreasi tempat-tempat edukatif seperti ke kebun binatang, ke museum atau ketempat bersejarah lainnya, sehingga kita tidak hanya berekreasi menghilangkan kepenatan kita tetapi juga menambah wawasan bagi kita dan anak-anak kita.

2) Berkebun
Berkebun merupakan ide yang sangat bagus untuk mengisi liburan kita. Kita bisa memanfaatkan tanah sekitar rumah kita maupun kebun kita untuk menanam tanaman seperti pisang, singkong, sayur mayur dll. Bagi rekan guru yang tinggal diperkotaan, yang mungkin memiliki lahan terbatas dapat berkebun dengan menanam bunga di pot. Selain merefresh otak, berkebun juga dapat mendatangkan penghasilan dan memperindah halaman rumah anda tentunya.

3) Bersilaturahmi kerumah kerabat dan sahabat
Jika pada hari biasa anda disibukkan dengan pekerjaan. Maka liburan merupakan saat yang tepat untuk berkunjung bersilaturahmi kerumah kerabat dan sahabat. Dengan bersilaturahmi kita dapat menumbuhkan rasa ukhuwah dan mempererat persaudaraan.

4) Berekreasi Alam dengan keluarga
Kita bisa mengajak keluarga ke gunung, kesawah atau kepantai sekitar rumah kita yang tentunya tidak membutuhkan biaya mahal. Selain menghilangkan kepenatan akan aktifitas selama mengajar, dengan berekreasi alam akan mengingatkan kita terhadap ciptaan Allah yang sangat indah sehingga menambah keimanan kita terhadap Alloh SWT.

5) Mencharge hati dan pikiran
Siapa bilang cuma Hp yang butuh di charge, pikiran dan hati kitapun butuh charge. Karena seperti HP kitapun kadang-kadang low bat baik itu keimanan kita, maupun motivasi dan semangat kita dalam menjalani kehidupan di dunia ini. Kita bisa mencharge pikiran kita dengan menambah porsi ibadah kita seperti rutin shalat tahajud, dhuha serta memperdalam pengetahuan agama dan menghafal alqur’an. Sehingga selain dapat meningkatkan keimanan kita, itu juga dapat menjadi ladang pahala bagi kita. Kita pun bisa mengisi liburan dengan menghadiri ceramah-ceramah, seminar-seminar motivasi yang dapat membangkitkan semangat.

Itulah Lima hal positif yang dapat dilakukan dalam mengisi liburan semester. Semoga liburan anda menyenangkan, bermanfaat dan menambah pengalaman bagi anda. 
Thanks for reading 5 Hal Positif dalam mengisi Liburan Semester

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »